Hai sobat pinnuss, kita lanjut seperti yang kemarin pinnuss mau info ke kalian ya, berikut 7 tempat wisata yang ada di Taman Nasional Gunung Merapi :

(1) Pendakian Gunung Merapi

Gunung Merapi termasuk dalam 10 gunung tertinggi yang berada di Jawa Tengah, mendaki di Gunung Merapi menjadi tujuan menarik bagi para pecinta hiking Tanah Air, karena keindahan alam yang diberikan sungguh membuat para pendaki jatuh cinta serta penuh misteri bagi para penikmat tantangan pendakian.

Ada beberapa jalur yang dapat dilalui untuk mencapai puncak, yaitu via Kaliurang, kecamatan Pakem, kabupaten Sleman, Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 7 jam. Jalur ini biasanya dilalui oleh anggota Mahasiswa pecinta alam dari beberapa universitas di Yogyakarta. Selain itu bisa juga melalui Selo, desa Tlogolele, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

(2) Tlogo Nirmolo

Tlogo Nirmolo terletak di sebelah Bukit Plawangan Turgo dan menjadi akses pintu masuk peninggalan Goa Jepang. Disini kamu akan dimanjakan dengan keindahan panorama alam dan perbukitan. Lalu ada pula lahar merapi yang masih tersisa.

Tlogo Nirmolo dijadikan sebagai tempat parkir untuk wisatawan, yang akan memulai petualangan, tempat parkirnya saja sudah bagus, bagaimana kita masuk lebih ke dalam ya sobat.

(3) Tlogo Muncar

Tlogo Muncar berlokasi di propinsi DIY dan berada di ketinggian 878 meter diatas permukaan laut. Destinasi ini sebenarnya merupakan air terjun setinggi 30-45 meter yang berasal dari lereng Bukit Plawangan. Ada kepercayaan yang berkembang bahwa lokasi ini menjadi tempat mandi Putri Dewi Codrokirono dari Kerajaan Majapahit.

(4) Tlogo Putri 

Tlogo Putri adalah bendungan yang berfungsi sebagai lokasi wisata dan bermain. Di sini pengunjung dapat menikmati bermain kano, bianglala, jungkat-jungkit, ayunan, dan sebagainya. Berada di ketinggian 900 meter dpl, lokasi ini pernah dilalui lava tour tahun 2010 silam. Jadi pengunjung dapat mengamati sisa erupsi sekaligus bermain.

(5) Bukit Plawangan

Bukit Plawangan merupakan salah satu destinasi wisata di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi yang menjadi incaran pengunjung. Di atas bukit ini pesona Gunung Merapi di bagian utara bukit akan tampak dengan begitu jelas. Pemandangan indahnya panorama hijau juga dijamin mampu memanjakan mata.

(6) Bukit Turgo atau Desa Tradisional Turgo

Bukit Turgo menjadi destinasi wisata di Taman Nasional Gunung Merapi yang menjanjikan karena memiliki berbagai kegiatan yang menarik. Kegiatan tersebut sebenarnya adalah aktivitas sehari-hari masyarakat setempat, seperti menjelajahi hutan Merapi serta melintasi Kali Boyong, meracik kopi dan teh dengan rasa khas setempat, menikmati pertunjukan budaya, dan mengikuti ritual keagamaan. Pengunjung juga dapat menyaksikan puing-puing rumah warga yang dilanda bencana awan panas.

(7) Sungai Boyong

Sungai Boyong atau Kali Urang barat juga menjadi temapt wisata yang patut dikunjungi di kawasan taman nasional ini. Di sini terdapat lanskap lembah sungai yang terbentuk dari sisa endapan awan panas yang terjadi beberapa tahun lalu.

Nah diatas adalah destinasi Wisata Alam yang dapat kamu nikmati jika pergi berlibur di Taman Nasional Gunung Merapi.

 

 

Sumber : www.RimbaKita.com