Ya, Indonesia memiliki banyak tempat wisata dalam bentuk goa eksotis yang pasti akan membuat Anda terkagum-kagum. Kali ini kita akan membahas seputar tentang Gua Bangkang ini ya. Simak yuk.

Dari segi lokasinya, Gua Bangkang Lombok Tengah termasuk sebagai salah satu gua yang cukup menarik. Hal ini karena Gua Bangkang berlokasi di dekat banyak tempat wisata lainnya.

Tangga masuk gua Bangkang

Gua Bangkang merupakan gua yang berlokasi di Desa Prabu, Lombok Tengah. Gua ini lokasinya cukup dekat dengan beberapa tempat wisata seperti pantai Kuta Mandalika dan juga Pantai Selong Belanak.

Selain itu, lokasi dari Gua Bangkang ini bisa Anda jangkau dengan sangat mudah. Anda bisa menikmati keindahan Gua Bangkang ini hanya dengan berkendara selama 20 menit dari Bandara Internasional Lombok.

Gua ini merupakan gua dari salah satu hewan nokturnal yaitu kelelawar. Oleh karena itu Anda bisa menemukan ribuan kelelawar bergantung saat mengunjungi Gua Bangkang ini.

Kelelawar sedang tidur siang hari.

Selain memiliki kelebihan berupa banyaknya kelelawar yang bisa Anda temukan, Gua Bangkang juga memiliki kelebihan lain dari segi visualnya. Salah satu spot terbaik dari Gua Bangkang ini adalah ruang gua terbuka di bagian atas yang dilalui oleh cahaya matahari.

Cahaya matahari yang menembus dinding atas gua ini membuat gua terlihat sangat menarik. Cahaya matahari yang masuk ke dalam gua ini kemudian disebut dengan cahaya ilahi. 

Selain daya tarik berupa gua yang indah dengan cahaya ilahi yang menembus dinding gua, hal menarik lainnya yang membedakan Gua Bangkang dengan gua wisata lainnya adalah kesan Gua Bangkang ini.

Dua lubang mulut gua Bangkang Prabu

Umumnya gua kelelawar memiliki kondisi yang cukup seram. Hal karena faktor pencahayaan minim yang Gua Bangkang. Akan tetapi, Gua Bangkang ini ternyata merupakan salah satu gua yang tidak memberikan kesan seram. Kesan seram oleh Gua Bangkang ini hilang karena adanya pencahayaan yang berasal dari bagian atas gua ini.

Terbentuk dari batu gamping, gua ini memiliki struktur ruangan yang cukup tinggi, besar dan dihiasi lubang-lubang yang memungkinkan sinar matahari untuk memancar masuk.

Pintu keluar gua Bangkang Prabu

Dengan suasana gua yang cenderung hening dan senyap, maka pancaran sinar matahari yang menembus masuk ke dalam gua akan membuatmu seolah sedang disinari cahaya surgawi.

Keindahan bias sinar matahari inilah yang mendorong para travelers untuk memasuki gua, terlepas dari bau menyengat yang ada.

Cahaya yang masuk melaluoi mulut gua.

Tertarik untuk menikmati cahaya surgawi yang satu ini?

Spot foto cahaya illahi

Di lokasi yang telah menjadi rekanan PINNUSS ini telah disediakan helm, masker dan sepatu boot. Jadi sobat tenang saja. Tinggal mengikuti guide dari sana, dan menikmati pengalaman yang ada.

Nah itu dia ulasan seputar Gua Bangkang di Lombok Tengah. Bagi kalian terutama para pecinta adventure dan tantangan, jangan lupa untuk datang langsung melihat keindahan gua ini ya. Selamat liburan.