Hai sobat pinnuss, sekarang kita bahas yuk salah satu benda pusaka yang sudah dari zaman dahulu ada di Indonesia dan masih menjadi warisan yang penting hingga kini bagi bangsa kita.

Keris, keris merupakan senjata tikam golongan belati berasal dari jawa yang memiliki ragam fungsi budaya yang dikenal dikwasan Nusantara. Bentuk keris sangat mudah dibedakan dari jenis senjata tajam lainnya, karena tidak simetris, berkelok-kelok dan sebagian besar terlihat lapisan logam cerah pada helai bilah. 

Keris sendiri sepenuhnyanya belum terjelaskan asal usulnya, karena tidak ada sumber tertulis secara deskriptif mengenainya dari sebelum abad ke-15, walaupun penyebutan keris telah tercantum pada prasasti dari abad ke-9 masehi. Keris sendiri diperkirakan singkatan dari bahasa Jawa yaitu "Mlungker-mlungker kang bisa ngiris" .

Mpu adalah istilah bagi para pembuat keris, seperti yang sobat pernah temukan dalam pelajaran sejarah ketika masih bersekolah yaitu Keris Mpu Gandring serta beberapa tokoh sejarah lainnya. Para Mpu membuat keris dengan berbahan logam yang dibagi menjadi dua, yaitu logam besi dan logam pamor, sedangkan pesi keris terbuat dari baja.

Pada zaman dahulu keris digunakan sebagai senjata dalam berduel atau dalam peperangan, sekaligus sebagai pelengkap sesajian. Namun pada saat ini keris digunakan sebagai aksesoris, seperti dalam pernikahan adat jawa, pelengkap busana, serta karena memiliki simbol budaya yang kuat, keris pun menjadi benda yang dikoleksi atas nilai estetiknya.

Menarik bukan? lalu bagaimana jika kalian ingin membuat keris sendiri yang sesuai dengan keinginan kalian?  Tentu pasti bisa dong.

Jadi, tunggu paketnya ya sobat. hanya di www.pintunuswantara.com

 

Sumber : wikipedia

Foto      : merdeka.com