Indonesia, sebagai negara kepulauan, memiliki belasan ribu pulau dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Menyelam di antara ribuan ikan-ikan cantik, melihat beraneka ragam terumbu karang dan biota laut lainnya memberikan kebahagiaan tersendiri.

Untuk dapat menikmati keindahan tersebut, kita dapat ber-snorkeling ataupun scuba diving.

Dua kegiatan ini termasuk olahraga air yang menyehatkan tubuh. Sebenarnya apa sih, perbedaan dari kedua olahraga ini ?

SNORKELING

Snorkeling merupakan kegiatan yang bisa dilakukan oleh siapa saja dari semua rentang usia. Tidak ada tehnik khusus yang diwajibkan untuk dikuasai, seseorang yang ingin melakukan kegiatan snorkeling. Yang penting mereka bisa berenang. Namun, beberapa destinasi wisata yang memiliki fasilitas untuk snorkeling bahkan memperbolehkan seseorang yang tidak pandai berenang untuk melakukan snorkeling. Hal tersebut dikarenakan snorkeler, hanya melakukan kegiatan penyelaman paling dalam pada kedalaman 3 meter, bahkan ada yang hanya mengambang di permukaan air saja. Yang pasti, snorkeler harus belajar bernapas menggunakan mulut, bukan hidung.

Peralatan yang digunakan saat snorkeling adalah masker, snorkel, fin dan pelampung. Snorkel adalah alat yang membantu kita saat mengambil nafas ketika sedang melihat keindahan biota laut. Sedangkan masker berfungsi sebagai alat bantu untuk melihat di dalam air, bentuknya seperti kacamata renang dengan silikon hingga menutupi bagian hidung. Dan, fin adalah alat bantu gerak dalam air atau disebut kaki katak. Bagi yang tidak lihai berenang, wajib menggunakan pelampung.

SCUBA DIVING

Sedangkan, dalam kegiatan Scuba Diving atau Self-Contained Underwater Breathing Apparus, pelaku kegiatan diving atau diver, harus memiliki sertifikat khusus dan harus sering berlatih dalam menyelam. Latihan khusus untuk diving berupa latihan pernafasan hingga mengatur hirupan oksigen agar menghemat tabung oksigen ketika menyelam. Menyelam di kedalaman yang lebih dalam, ada alat khusus yang digunakan saat scuba diving, yaitu regulator, Bouyancy Compensation Device (BCD), masker, fin, tabung udara, octopus, wetsuit/pakaian selam, weight belt/pemberat badan, dive com, gauge dan sebagainya.

Menarik banget ya.

Tunggu apalagi peeps, yuk gabung ke DISCOVER SCUBA DIVING via PINNUSS

 

Maria K

Sumber  : 

https://kumparan.com/kumparantravel/ini-bedanya-free-diving-scuba-diving-dan-snorkeling

https://juara.bolasport.com/read/321492221/ternyata-inilah-perbedaan-snorkeling-dan-diving-cari-tahu-yuk?page=all