Taman Nasional Gunung Merapi resmi di buka hari ini April 17 2023, setelah terjadi pentupan sementara pada 12 Maret 2023, pembukaan kembali Obyek Wisata Alam (OWA) di Taman Nasional Gunung Merapi tertuang dalam surat pengumuman nomor : PG.05/BTNGM/TU/ren/04/2023 dan ditanda tangani oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi Muhammad Wahyudi pada hari Jumat, 14 April 2023.

Taman Nasional Gunung Merapi sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda 1931 hingga 1975 dengan status hutan lindung, lalu mengalami perubahan oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia, sebagian wilayah hutan lindung menjadi Taman Wisata Plawangan Turgo dari tahun 1975 - 1984. Lalu pada tahun 2004 ditunjuklah kawasan Hutan Gunung Merapi Sebagai Taman Nasional Gunung Merapi mencakup Fungsi Kawasan Hutan Lindung, Cagar Alam, dan Taman Wisata Alam yang berlokasi di Kabupaten Magelang, Boyolali dan Klaten di Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman di Provinsi DIY.

Disana terdapat banyak sekali flora dan fauna yang hidup berdampingan, keindahan alam serta udara yang sangat baik bagi tubuh kita menjadi pilihan banyak wisatawan datang ke Taman Nasional Gunung Merapi.

Mau tau apa saja wisata yang terdapat di Taman Nasional Gunung Merapi? ikuti terus perjalanan tim Pinnuss ya sobat..

#yukcusssbarengpinnuss