PINTUNUSWANTARA.COM - Sobat pinnuss, kalian pasti sudah gak asing lagi dong dengan Suku Baduy yang terkadang sering kita lihat berjalan kaki di jalan umum ibukota dua hingga empat orang, tanpa mengenakan alas kaki dan berjualan madu. Tapi apa sobat pernah datang dan berkunjung ke desa dimana tempat Suku Baduy tinggal?

Desa wisata Saba Suku Baduy terletak di Provinsi Banten pedalaman Kabupaten Lebak. Butuh waktu sekitar tiga sampai empat jam jika kita ingin berkunjung kesini, namun ketika kita tiba di lokasi mata kita akan kembali segar dengan sendirinya, bagaimana tidak? cuaca sejuk serta suasana yang khas akan pedesaan dan asri akan membuat kita melupakan sejenak hiruk pikuk perkotaan.

Melalui kunjungan KEMENPAREKRAF beberapa hari yang lalu Bapak Sandiaga Uno mengatakan "Saya tadi melihat begitu banyak potensi mulai dari potensi budaya juga potensi alam" ujarnya. Desa wisata Saba Baduy masuk dalam 50 besar ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Desa wisata Saba Baduy memiliki sekitar 26.000 penduduk dan berada di ketinggian 300-600 meter diatas permukaan laut. Serta terdapat perbedaan penduduk Baduy luar dan Baduy dalam. Masyarakat Suku Baduy hidup dengan alam yang memiliki potensi hebat didalamnya. 

"Produk-produk ekonomi kreatif disini juga luar biasa. Menurut saya ini menjadi semangat kita untuk bangkit dan saya yakin ini adalah sinyal kebangkitan kita pascapandemi tapi tentunya protokol kesehatannya harus dipatuhi secara ketat dan disiplin" ujar Pak Menteri Sandiaga uno.

"Saya sangat terharu karena ini desa pamungkas untuk penutup kunjungan 50 desa wisata dan langsung di eksekusi beberapa kebutuhan dan infrastruktur, serta aksesibilitas yang kurang memadai. Untuk meningkatkan wisata dan lapangan pekerjaan' sambung Pak Sandiaga.

📷 : kemenparekraf.go.id