by Andrea Marjorie Setiawan

Apa Itu Scuba Diving?

Diving atau yang biasa disebut Scuba Diving adalah salah satu olahraga yang sedang diminati oleh banyak orang karena kita dapat menikmati alam bawah laut terutama laut Indonesia yang terkenal sangat indah. Tak heran banyak yang penasaran ingin belajar scuba diving untuk bisa menikmati keindahan bawah laut. SCUBA sebenarnya adalah singkatan dari "Self-Contained Underwater Breathing Apparatus". Berdasarkan Cambridge Dictionary "Scuba Diving" adalah kegiatan olahraga bawah air yang menggunakan peralatan khusus.

Umur Berapa Seseorang bisa mempelajari Scuba Diving?

Menurut PADI (Professional Association of Diving Instructors) usia minimal untuk mempelajari diving adalah 10 tahun dan mereka yang berada di bawah usia 15 tahun akan mendapatkan sertifikat junior.

Bagaimana Pengalaman Scuba Diving di Usia Dini?

Tentu cerita mengenai scuba diving ini ngga akan lengkap tanpa sharing pengalaman bukan?

Pertama-tama perkenalkan, saya Andrea, seorang diver yang pertama kali mendapatkan sertifikat Junior Open Water pada tahun 2016. Saat itu saya baru saja menginjak usia 12 tahun atau sekitar kelas 6 SD.

Pada saat itu bisa gabung ke diving course karena ajakan orang tua, bukan keinginan sendiri. Karena mereka ingin saya belajar hal yang baru. Awalnya tidak terlalu menarik buat saya, karena untuk seorang anak kecil belajar diving secara teori agak membosankan. Namun setelah belajar dan mencoba prakteknya di kolam saya merasa diving adalah olahraga yang sangat unik.

Untuk mendapatkan lisensi Junior Open Water saat itu, saya harus melalui beberapa kali kelas teori yang kemudian dilanjutkan dengan praktek diving di kolam. Setelah itu akan ada ujian teori terlebih dahulu sebelum akhirnya berangkat ke laut. Ingat banget, rasa khawatir yang saya rasakan saat pertama kali scuba diving langsung di laut. Bahkan saat akan masuk ke laut ada rasa takut karena melihat laut yang begitu dalam. Namun semua itu hilang saat melihat keindahan bawah laut. Hal yang paling berkesan saat pertama kali masuk laut adalah bagaimana keadaaan tersebut sangat mirip dengan hal yang di gambarkan dalam film "Finding Nemo", dan membuat saya semakin menyukai scuba diving.

Dan setelah lulus open water saya sudah mengambil lisensi lain , seperti Junior Advanced Open Water dan Junior Rescue. Sekarang saya sudah berusia 18 tahun, semoga salah satu keinginan saya bisa tercapai ya, untuk jadi instruktur diving. Doakan saya yah.

So, apalagi yang kamu tunggu, yuk explore The Underwater Beauty of Indonesia yang kaya ini.

Let's Dare Yourself To Try Something New !!

Join Diving Course via PINNUSS. 

Thank you XOXO

https://www.idntimes.com/science/discovery/hendria-1/7-fakta-menarik-tentang-olahraga-scuba-diving-c1c2?page=all https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/scuba-diving