Mudik Lebaran merupakan momen paling di nanti bagi sobat muslim yang ada di Indonesia, mudik dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum. Di lansir dari halaman Kementerian Perhubungan, Lebaran 2023 banyak di dominasi dengan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, jaraknya pun bervariasi tergantung letak daerah yang akan dituju. 

Mudik biasa dilakukan H-8 hingga h-1 lebaran, yang berarti dalam keadaan tersebut pemudik masih menjalankan Ibadah Puasa. Lalu bagaimana agar pemudik tetap bisa menjaga stamina dan kesehatan ketika berkendara? berikut beberapa tips mudik lebaran disaat puasa ala pinnuss :

- Merencanakan Rute Perjalanan dari Jauh Hari, dengan adanya persiapan rute perjalanan, kalian bisa mengukur waktu dan tempat mana yang kalian bisa singgahi untuk sekedar beristirahat atau bermalam, pilih tempat yang teduh dan terhalang matahari jika kalian beristirahat di siang hari.

- Istirahat Yang Cukup, perjalanan yang jauh pasti akan menguras stamina kalian, jadi pinnuss himbau agar sobat semua beristirahat yang cukup atau tidur malam 7-8 jam selama 2-3 hari sebelum melakukan perjalanan panjang. 

- Kelola stres mu, menyehatkan pikiranmu juga sangatlah penting, mengapa? karena dalam perjalanan mu tidak akan semulus jalan raya di malam hari, kalian akan berkutat ditengah kemacetan, dan hal tersebut dapat memicu stress, jadi satu hal yang harus kamu ingat adalah perjalananmu momen bahagia bagimu dan keluarga di kampung, bersabar dan terus bawa energi positif mu ketika berkendara.

- Cek Kendaraan mu, kamu bisa melakukan janji atau mencari bengkel dari jauh hari untuk melakukan pengecekan menyeluruh untuk kendaraan mu yang akan dikendarai ketika mudik, semakin aman kendaraan mu, semakin mulus jalan mu untuk menuju keluarga tercinta mu.

- Cukupkan Nutrisi Tubuh mu, dengan pola makan dan minum yang teratur serta cukup, kamu akan memiliki stamina dan fokus yang baik dalam berkendara, ketika waktu sahur perbanyak sayur-sayuran, daging, dan makanan bernutrisi lainnya untuk tubuhmu, dan jangan lupa minumlah vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh mu. 

Semoga membantu perjalanan mu ya sobat, bawa energi positif mu untuk keluarga yang kamu cintai, berkendaralah dengan aman serta sabar, jaga kecepatan mu, tetap waspada, dan yang paling penting berdoa ya sobat.

#yukcusssbarengpinnuss